9 Komponen Mesin Cutting Laser

Komponen Mesin Cutting Laser

Di jaman milenial ini hampir semua pekerjaan dilakukan menggunakan mesin. Salah satunya adalah mesin cutting laser yang memanfaatkan teknologi laser. Material yang dipotong oleh mesin laser cutting biasanya berukuran cukup tebal dan keras seperti logam, besi, tembaga atau almunium. Namun ada juga yang digunakan untuk memotong kain tekstil, konveksi, akrilik (acrylic) kayu, hijab, kerudung, dsb. Pengaplikasian mesin laser cutting bertujuan supaya pengerjaan potongan rapi dan lebih cepat.

Jika di artikel sebelumnya kita membahas kelebihan dan kekurangan mesin cutting laser, kali ini kita akan bahas komponen penting apa saja yang ada dalam mesin cutting laser.

Mesin cutting laser terdiri dari beberapa komponen yang bekerja bersama-sama untuk menghasilkan pemotongan atau pengukiran yang akurat dan presisi tinggi. Berikut adalah beberapa komponen utama dalam mesin cutting laser:

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cutting Laser
Mesin Rhinotec Cutting Laser

Lihat Spesifikasi Mesin Rhinotec Laser Cutting RCL-01 dan RCL-02

9 Komponen Mesin Cutting Laser

  1. Sumber Laser: Ini adalah komponen yang menghasilkan sinar laser. Sinar laser digunakan untuk memfokuskan energi pada bahan yang akan dipotong atau diukir. Dalam mesin cutting laser CO2, sumber laser utama adalah tabung gas karbon dioksida (CO2) yang menghasilkan sinar inframerah.
  2. Sistem Optik: Sistem optik terdiri dari lensa dan cermin yang digunakan untuk mengarahkan dan memfokuskan sinar laser ke permukaan bahan yang akan dipotong atau diukir. Lensa fokus membantu mengatur diameter spot laser dan kualitas pemfokusan.
  3. Meja Kerja: Meja kerja adalah area di mana bahan yang akan dipotong atau diukir ditempatkan. Bahan tersebut diletakkan di atas meja untuk memastikan bahwa pemotongan atau pengukiran terjadi dengan stabil dan akurat.
  4. Sistem Gerakan: Sistem gerakan terdiri dari motor dan sistem penggerak yang mengontrol pergerakan laser dan meja kerja. Ini memungkinkan mesin untuk melakukan pemotongan atau pengukiran sesuai dengan pola yang telah ditentukan.
  5. Sistem Kontrol: Sistem kontrol adalah otak mesin cutting laser. Ini dapat berupa perangkat keras dan perangkat lunak yang mengatur parameter pemotongan atau pengukiran, seperti kecepatan, daya laser, dan pola yang akan dipotong.
  6. Pendingin: Sumber laser menghasilkan panas, oleh karena itu sistem pendingin diperlukan untuk menjaga suhu kerja yang optimal. Ini biasanya berupa sistem pendingin air yang mengalir melalui tabung laser CO2.
  7. Ekstraksi Debu: Selama proses pemotongan atau pengukiran, serpihan dan debu mungkin dihasilkan. Sistem ekstraksi debu atau sistem penyaringan udara diperlukan untuk menjaga lingkungan kerja bersih dan aman.
  8. Pemosisi dan Pengukur: Beberapa mesin cutting laser dilengkapi dengan sistem pemosisi otomatis dan pengukur untuk mengidentifikasi letak bahan yang tepat dan mengukur ketebalan bahan sebelum memulai proses.
  9. Peralatan Keamanan: Peralatan keamanan seperti sensor pintu, sensor penglihatan, dan sistem pemadaman darurat penting untuk menjaga keamanan operator dan lingkungan saat mesin beroperasi.

Semua komponen dan bagian bagian mesin laser cutting ini bekerja bersama-sama untuk menghasilkan hasil pemotongan atau pengukiran yang akurat dan berkualitas tinggi. Penting untuk memahami fungsionalitas masing-masing komponen saat memahami cara kerja mesin cutting laser.


Nah itulah beberapa komponen mesin cutting laser. Pastikan Anda memilih mesin cutting laser yang berkualitas sebelum membelinya ya.

Anda bisa memilih mesin Rhinotec cutting laser yang sudah teruji kualitasnya. Disamping itu mesin-mesin Rhinotec juga dilengkapi dengan garansi, after sales dan juga teknisi yang handal dibidangnya. Info lebih lanjut silahkan hubungi Rhinocare di 0811166673.

Konsultasi Usaha Cetak Sablon Bersama Rhinotec Indonesia

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

YUK KONSULTASI ( GRATIS ) YUK KONSULTASI ( GRATIS )

PAKET USAHA SABLON DIGITAL

Situs website kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman penelusuran Anda. Pelajari lebih lanjut