Jenis Bahan Yang Cocok Untuk Sublim Tekstil

Jenis bahan untuk sublim tekstil – Untuk kamu yang belum menghetaui metode sublimasi tekstil, disini akan diulas secara singkat. Metode sublimasi merupakan proses print menggunakan teknik sublim dengan alat print melalui media transfer paper dengan menggunakan tinta sublim sebelum dicetak di kain.

Tapi yang harus kamu ketahui adalah tidak semua jenis bahan bisa menggunakan metode sublimasi tekstil. Berikut adalah jenis bahan dan kegunaan yang dapat menggunakan metode sublime tekstil :

Voal

Bahan suara adalah jenis kain yang terdiri dari serat kapas 100%. Untuk serat kapas alami untuk menghasilkan jaringan dengan permukaan halus dan kain mudah dibentuk. Kain terbaik untuk bahan jilbab, salah satunya adalah bahan kerudung, karena serat alami bahan ini sangat nyaman ketika digunakan dalam suasana tropis seperti di Indonesia. Sangat cocok digunakan untuk Scarft, Kerudung, gamis.

Organza

Jenis bahan sublim tekstil

Organza adalah salah satu kain yang berasal dari Prancis. Di masa lalu, kain organza terdiri dari serat sutra, tetapi karena harganya cukup mahal, banyak kain organza terbuat dari bahan sintetis seperti serat nilon dan serat poliester. Kain organza juga dikenal sebagai kain kaca dengan keunggulannya yang kaku dan mengkilap memberikan kesan mewah. Sangat cocok digunakan untuk kerudung, dress, luaran.

BSY

BSY atau Bi Shrinkage Yarn yang dibaca be es wai,merupakan 100% kain polyster dengan finish menggunakan dua jenis filamen poliester, sehingga membuat bahan halus, lembut dan tidak panas seperti kapas yang tentu saja mudah dijahit. Sangat cocok digunakan untuk mukena, seragam batik, sarung bantal, taplak meja, label.

Scuba

Kain scuba adalah jenis kain tebal yang jatuh dan memiliki kain kain yang lembut dan halus, tidak panas, juga memiliki ketahanan air dan bahannya elastis. Sangat cocok digunakan Rok, jaket, crop top, sarung bantal, dekorasi pernikahan, strap kamera/gitar.

Yelvo

Kain yelvo adalah jenis kain berbulu pendek yang terlihat seperti Velboa, tetapi cenderung lebih halus dan sedikit lebih mahal. Jenis kain yang memiliki fitur fleksibel atau licin disertakan dalam sejenis kain yang diimpor dari luar negeri. Sangat cocok digunakan untuk jaket, luaran, bantal, boneka.

Diamon Crepe

Kain diamond crepe adalah jenis kain crepe dengan permukaan permukaan kain yang mirip dengan kulit jeruk. Kain diamond crepe memiliki dua jenis turunan yaitu Diamond Italiano dan Diamond Georgette. Sangat cocok digunakan untuk jilbab, scraft, pashmina, luaran.

Jersey

Kain jersey adalah kain yang terdiri dari jenis tekstil rajutan yang terdiri dari serat kapas sepenuhnya atau juga dapat dicampur dengan bahan lain yang mengandung serat sintetis. Sangat cocok digunakan untuk Kaos, Celana, baju.

Satin Maxmara

Kain Maxmara adalah jenis kain yang mirip dengan kain satin. Tapi kain Maxmara memiliki tekstur yang lebih lembut dan dingin saat digunakan. Kain Maxmara sangat nyaman untuk digunakan dan tidak membuatnya panas. Kain ini memiliki fitur khusus, yaitu bahannya ringan, licin, jatuh dan tidak transparan. Sangat cocok digunakan untuk Hijab, gamis, scraft.

Drill

Kain drill adalah kain dengan tekstur pintalan diagonal atau miring dengan jalinan benang yang kuat. Material yang digunakan untuk membuat kain drill ini bervariasi ada yang katun murni (100% katun) dan ada yang merupakan campuran antara katun dan polyester. Cocok digunakan untuk Yukata, kemeja, celana.

Kanvas

Kain kanvas adalah jenis kain yang memiliki serat tebal dan kuat. Di masa lalu, kain ini banyak digunakan untuk media lukis. Tetapi dengan perkembangan zaman, semakin banyak bahan kanvas yang digunakan telah menjadi bahan dasar pada tas, jaket, sepatu dan berbagai bahan lainnya.

Belacu

Kain belacu (ejaan lain blacu; bahasa Inggris calico) adalah kain silang polos yang diproduksi dari katun yang belum diputihkan dan seringkali belum selesai diproses. Kain belacu memiliki tekstur yang kasar dan warna yang agak kekuningan. Cocok digunakan untuk hijab, Gamis, scraft.

Demikian artikel seputar Jenis bahan sublim tekstil. Untuk mendapatkan hasil sublimasi yang maksimal kamu bisa gunakan tinta serta kertas sublimasi dari rangkaian RhinoSub dan mesin sublimasi tekstil terbaik GT-160 dari Rhinotec.

Sumber : Google

Konsultasi Usaha Cetak Sablon Bersama Rhinotec Indonesia

Ingin punya usaha sendiri atau ingin memulai usaha sablon tapi masih bingung?  Rhinotec bisa membantu Kamu untuk mewujudkannya.

YUK KONSULTASI ( GRATIS ) YUK KONSULTASI ( GRATIS )

PAKET USAHA SABLON DIGITAL

Situs website kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman penelusuran Anda. Pelajari lebih lanjut